Windows Firewall - Cara Kerja dan Cara Aktifkan atau Nonaktifkan

Windows Firewall telah berubah sejak Windows XP. Windows 7 sekarang memungkinkan firewall untuk menyaring lalu lintas baik inbound dan outbound atau menetapkan peraturan dan pengecualian, tergantung pada jenis jaringan Anda terhubung ke. Mengingat ada cukup beberapa perubahan, kita akan mulai menyajikan serangkaian kecil semua kemampuan alat keamanan. Sebagai permulaan kami akan memperlihatkan cara untuk mengakses Firewall Windows, menyajikan dasar-dasar tentang cara kerjanya dan menunjukkan cara mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Di mana menemukan Windows Firewall
Untuk membuka panel Windows Firewall konfigurasi, Anda memiliki beberapa pilihan. Salah satunya adalah untuk pergi ke Control Panel -> System and Security -> Windows Firewall.


Cara Lain adalah dengan menggunakan kotak pencarian Start Menu, firewall jenis dan klik pada link Firewall Windows.


Ketika Anda membukanya, Anda akan melihat window yang sama dengan yang di bawah ini: menunjukkan untuk jenis jaringan Anda tersambung dan jika firewall diaktifkan atau tidak aktif.


Pada bagian kiri ada beberapa link untuk jendela yang berbeda yang memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi beberapa aspek Firewall Windows.

Bagaimana Kerja Windows Firewall?
Windows Firewall memiliki standar seperangkat peraturan yang diterapkan segera setelah diaktifkan. Dengan default, ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan banyak hal: menjelajah Internet, menggunakan instant messenger, berbagi file, dll aturan diterapkan berbeda tergantung pada lokasi jaringan ditetapkan untuk koneksi jaringan Anda saat ini.


Beberapa aplikasi yang akan diinstal di komputer Anda (seperti uTorrent misalnya), secara otomatis menambahkan pengecualian terhadap Firewall Windows sehingga mereka bekerja segera setelah Anda memulai. Namun, jika mereka tidak menambahkan pengecualian seperti itu, Windows Firewall yang akan meminta Anda untuk memungkinkan mereka akses ke Internet.

Anda akan menerima peringatan keamanan mirip dengan yang di bawah, di mana Anda akan diminta untuk memilih lokasi jaringan yang Anda mengizinkan akses untuk aplikasi. Secara default, Windows Firewall akan memeriksa kotak yang relevan ke jaringan yang sedang Anda gunakan. Namun, Anda dapat memilih dari dua pilihan. Setelah selesai, klik '’Allow access’.


Aplikasi sekarang akan bekerja. Jika Anda ingin mengubah pengaturan yang baru saja dibuat atau menambahkan aplikasi lain ke daftar pengecualian, Anda dapat melakukannya.

Jika Anda tidak memiliki akses administrator, Anda tidak akan dapat mengatur setiap pengecualian dan program yang tidak memenuhi standar dengan kumpulan aturan akan secara otomatis diblokir.

Bagaimana Aktifkan atau Nonaktifkan Windows Firewall
Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Firewall Windows, buka panel, seperti yang ditunjukkan dalam bagian pertama artikel ini. Kemudian, klik pada ’Turn Windows Firewall on or off’ link.


Secara default, Windows Firewall dihidupkan untuk semua jenis lokasi jaringan: home or work and public. Jika Anda ingin mengubahnya atau menonaktifkan untuk lokasi-lokasi jaringan, klik sesuai "Mengaktifkan / menonaktifkan kotak cek Windows Firewall 'dan kemudian OK.

CATATAN: Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Firewall Windows hanya jika Anda logon sebagai administrator. Pengaturan ini akan berlaku untuk semua pengguna didefinisikan pada komputer Anda. Jika Anda menonaktifkan Windows Firewall pastikan pengguna Anda dan orang lain memiliki alternatif keamanan yang tepat diinstal.

Artikel,belajar,jaringan,tips,trik,windows,tutorial,software,gratis,internet,hacking,komputer;

{ 4 comments... read them below or add one }

CaraBisnisPulsa mengatakan...

Dicoba Gan..makasih..

Fransisko Pareira mengatakan...

makasih

Fransisko Pareira mengatakan...

makasih

Alif Bhakti mengatakan...

Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Firewall' silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4954/1/Presentasi%20PI.pdf
Thank you.
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar